blog-img
04/05/2023

Pramuka: Bersama Alam Menentukan Masa Depan Gudep 011-012 SMA Katholik Giovanni

Libertino Agusto Dias | Pramuka

GivansWebsite. Gudep 011-012 SMA Katholik Giovanni Kupang melaksanakan Musyawarah Dewan Ambalan (MUSDEWA) 2023 yang dikemas dalam kegiatan perkemahan yang berlangsung di Taman Ziarah Yesus-Maria Oebelo, (20-21 Maret 2023). Kegiatan Musdewa ini diikuti sebanyak 100 peserta pramuka aktif, 17 pembina dan 1 pelatih, Kamabigus, dan 3 pemateri. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari ini dengan agenda kegiatan antara lain, pembuatan adat istiadat Pramuka Reguler Gudep 011-012 SMA Katholik Giovanni, pemilihan pengurus Dewan Ambalan baru, dan pelantikan pengurus Dewan Ambalan baru.

Sejak pagi peserta musyarawah sudah memadati lapangan Spot Center Merdeka yang menjadi titik kumpul sebelum berangkat. Tampak kakak-kakak pembina sibuk menata berbagai keperluan kemping sebelum diangkut ke kendaraan. Tepat pukul 09.00 WITA, peserta berangkat menuju lokasi perkemahan.

Setibanya di sana, peserta didik langsung diminta untuk mendirikan tenda. Pekerjaan ini, mereka kerjakan secara gotong royong. Tampak juga beberapa peserta didik yang membantu kakak-kakak pembina dalam menyiapkan makanan di dapur umum. Tanpa terasa pekerjaan mereka seketika dapat selesai.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi dari kakak-kakak Kwarcab Pramuka terkait menjadi pemimpin dalam pramuka, dan bagaimana mendesain sebuah rapat yang baik dan demokratis.

Kegiatan ini sebagaimana disampaikan oleh Kak Meri selaku ketua Gudep 011-012 SMA Katholik Giovanni, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk dan melatih peserta didik untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

“Kegiatan ini sebagai salah satu program tahunan dari Gudep 011-012 SMA Katholik Giovanni Kupang untuk mempersiapkan peserta didik menjalani kehidupan demokratis, latihan menjadi seorang pemimpin dalam masyarakat nantinya, dan juga hidup bersosial dalam perkemahan ini,” jelas Kak Merri.

Lebih lanjut kak Karel menyampaikan maksud praktis dari kegiatan ini adalah mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan kepramukaan baik tingkat lokal maupun nasional.

“Kegiatan ini juga menjadi wadah mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan-kegiataan kepramukaan di tingkat nasional. Selain itu, melalui kegiatan ini, siswa juga dibentuk karakternya untuk mandiri, disiplin, kreatif, inovatif dalam kehidupan yang serba terbatas.”

Kegiatan musyawarah ini kemudian menghasilkan putusan terkait kepengurusan Dewan Ambalan terpilih yaitu Rui sebagai ketua Ambalan Putra dan Tessa sebagai Ketua Ambalan Putri.

Dalam wawancara singkat, Rui dan Tessa secara kompak menyampaikan harapannya untuk kegiatan pramuka di Gudep 011-012 SMA Katholik Giovanni Kupang yaitu, menjadikan wadah pramuka sebagai alat melatih dan membantuk karakter peserta didik menjadi lebih baik. Selain itu bisa membawa bendera Gudep 011-012 SMA Katholik Giovanni hingga tingkat nasional.

(GiW/GD)
#ntt #nttbangkit #nttsejahtera #dinaspkntt #restorasipendidikan #smakgiovannikupang
#yaswarikak

Bagikan Ke:

Populer