blog-img
17/11/2022

Musuh Terbesar Yang Harus Kita Kalahkan Adalah Diri Kita Sendiri.

Libertino Agusto Dias | Renungan

Referensi : LUKAS 12:48
"....Barang siapa diberi banyak, banyak pula yang dituntut dari padanya..."


Firman Tuhan hari ini khususnya injil lukas yg kita dengar dan renungkan, berbicara tentang kualitas hidup kita sebagai orang beriman di hadapan Allah. Salah satu bobot atau mutu kehidupan kita di hadapan manusia dan Tuhan adalah "SETIA & DIPERCAYA". Jika sifat ini lenyap dari hidup kita, maka hidup yg kita jalani akan terseok-seok dan mengarah ke ambang kehancuran. Supaya hidup kita berkualitas maka hal utama yang harus kita lakukan adalah "Berusaha Mengalahkan Diri sendiri". Orang seperti ini akan hidup dalam kerendahan hati, terbuka dan mau bekerja sama dengan orang lain serta terbuka terhadap Tuhan dan selalu berusaha untuk memperoleh rahmat-Nya. Sebaliknya orang yang sombong atau angguh, biasanya sukar untuk setia meski terhadap hal-hal kecil. Orang yang sombong atau angkuh juga tidak akan dipercaya dan mempercaya orang. Orang sombong akan menjadikan hidupnya sebagai pusat segala-galanya. Orang demikian tidak akan terbuka terhadap orang lain, demikian juga ia akan tertutup terhadap Tuhan dan rahmat-Nya.


Orang yang telah mengalahkan diri sendiri, orang seperti itu akan bertanggungjawab kepada diri sendiri dan bertanggungjawab kepada manusia dan Tuhan. Bertanggungjawab adalah kewajiban kita sebagai makluk sosial dan berakal budi serta berkarakter.


Dalam surat rasul paulus ke jemaat di efesus, dikisahkan bahwa paulus mengalami kasih karunia Tuhan dan sebagai rasa syukurnya ia membagi kasih itu.
Kiranya kita juga tergerak untuk  bersyukur dan berbagi berkat. Bukan karena banyak berkat maka berbagi, tetapi karena sadar bahwa berbagi itu mulia, menyenangkan Tuhan dan sesama. Semua yang ada pada diri kita adalah pemberian dari Tuhan dan sesama. Untuk itu marilah kita mengalahkan diri kita sendiri, agar kita hidup untuk Tuhan dan sesama.


Selamat pagi untuk semua sahabat.
Tuhan Yesus & Bunda Maria memberkati melindungi dan mendoakan kita. Sukses dan sehat.

Bagikan Ke:

Populer