081 339 324 130
smak_giovani@yahoo.com
Kupang, Nusa Tenggara Timur, INA. 85111
blog-img
25/05/2022

OSN-K 2022 SMA Katolik Giovanni Utus 43 Peserta Terbaik

Libertino Agusto Dias | Pendidikan

Mediator.Givans.com.Olimpiade Sains Nasional tingkat pelajar SMA seluruh Nusa Tenggara Timur telah memasuki seleksi tingkat kabupaten/kota (OSN-K). Terhitung dari Rabu, 24-25 Mei 2022, OSN-K resmi dimulai dan setiap sekolah antusias mengirim utusan terbaiknya untuk bersaing memperebutkan 1 tiket ke ajang OSN-P (seleksi tingkat provinsi). Sebagaimana pantauan tim mediator.givans.com di SMA Katolik Giovanni pagi ini, (24/05/2022), terlihat beberapa kontestan yang mulai memadati halaman SMA Katolik Giovanni Kupang sejak jam tujuh pagi. Mereka terlihat bersemangat mengarungi kompetisi yang dimulai pukul 09.00-12.00 WITA untuk mata pelajaran Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Geografi. Pada keesokan harinya, (25/05/2022), kompetisi ini dilanjutkan dari pukul 09.00-11.30 WITA untuk mata pelajaran Matematika, Informatika, Astronomi, Kebumian, dan Kimia. Setiap mata pelajaran mengutus 5 kontestan kecuali Kimia dan Informatika yang terdiri dari 4 peserta saja. Nama-nama peserta tersebut antara lain, Evelyn H. Suryawan, Christian Maing, Alfaro Here, Andrea Welkis, dan Mark Mandala untuk mata pelajaran Astronomi, peserta untuk mata pelajaran Biologi diwakili Elisabeth Gonesco, Agnes Leza, Isabella Hendrik, Margareta Fonseca, dan Sweet Nguru, mata pelajaran Ekonomi yang diwakili oleh Valensia Lay, Ave Maria Pati, Imanuela Buan, Fangky Ngalu, dan Teresia Plewang. Pada mata pelajaran Fisika ditunjukkan oleh Erlan Ga, Maria Hena, Anselma Bouk, Junevin Bandut, dan Gratia Seran, mata pelajaran Geografi Zandrina Manafe, Billy Diaz, Willy Diaz, Julian Siokain, dan Fiorenzha Silli, untuk mata pelajaran Informatika Komputer yang ditunjukkan oleh Bendicta Niron, Komang Putra, Irene Faggidae, Febryan Ahab,

Drs. Stefanus Mau, Pr sebagai Kepala SMA Katolik Giovanni Kupang dalam wawancara singkat bersama Tim Mediator menegaskan bahwa persiapan sudah dilakukan semaksimal mungkin.

“Bapak, ibu guru setiap bidang studi sudah melakukan pembimbingan kepada para siswa-siswi. Memang pada faktanya kita sebenarnya membutuhkan pembimbing dari kalangan Dosen karena materinya sangat sulit, namun sekolah tidak memiliki dana untuk pembimbing dari Universitas. Kita berharap bapa, ibu guru bisa memandu berdasarkan pengalaman selama ini. Ada strategi tertentu yang guru gunakan. Kita juga tidak bisa melibatkan pembimbingan dari LOPI karena soal biaya juga. Kami percaya dan akan tetap andalkan kemampuan siswa-siswi dari setiap bidang tersebut. Dari segi mental, kita memberikan dorongan mental dan rohani. Saya yakin siswa-siswi kita tidak grogi menghadapi lomba ini,” komentar Romo Stef.

“Harapan sekolah semoga ada keterwakilan dari setiap bidang mata pelajaran. Para siswa harus percaya diri dan percaya akan kemampuannya. Selama ini Giovanni selalu ada keterwakilan dari 9 mapel ini. Seperti Drs Daniel Kobi punya pengalaman dalam pembimbingan sehingga bidang kebumian selalu lolos ke tingkat Nasional setiap tahun,” ujar Romo Stef.

Teknis pelaksanaan berdasarkan keterangan yang berhasil dirampungkan dari Aci Hanny bahwa akan dilaksanakan secara semi online . Wawancara ini berhasil mengungkap beberapa fakta terbaru terkait OSN-K tahun ini.

“Kompetisi Sains Nasional tahun ini kembali berganti menjadi Olimpiade Sains Nasional dan terbagi dalam 4 tahapan, yaitu Seleksi Tingkat Sekolah (OSN-S), Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K), Seleksi Tingkat Provinsi (OSN-P), dan Seleksi Tingkat Nasional (OSN). Hari ini, kita bertarung di tingkat Kabupaten/Kota untuk memperebutkan 1 tiket ke tingkat. Teknis pelaksanaanya dilakukan secara semi online , yaitu server berhubungan langsung dengan server pusat secara online , tetapi anak-anak menggunakan klien yang menuju server sekolah menggunakan LAN dan tidak terhubung dengan internet ( offline ). Nah, ini yang kita namakan semi online,” jelas koordinator Laboratorium Komputer SMA K Giovanni Kupang kepada tim kami.

Fiorenzha Javesina Silli salah satu perwakilan SMA Katolik Giovanni untuk OSN-K mata pelajaran Geografi dari kelas X MIPA 5, mengungkapkan rasa bangga dan senang karena dapat dipercaya berpartisipasi dalam Olimpiade Sains Nasional tingkat kabupaten/kota tahun 2022.

“Sebagai siswa yang masih dalam proses pembelajaran, saat ini menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan saya. Kesempatan tersebut menjadi kebanggaan bagi saya karena terpilih mewakili teman-teman lain yang jumlahnya ratusan di sekolah. Kami sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari untuk pertempuran ini. Ada banyak pengalaman suka maupun duka yang turut membentuk saya menjadi seorang petarung. Dampak positif yang saya rasakan hari ini yaitu bisa sangat tenang dan percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal yang ada. Saat mengerjakannya tadi, ada beberapa hal yang cukup menyulitkan saya, namun saya punya cara untuk mengatasinya,” tulisnya dengan senyum kemenangan.

Pengalaman berbeda yang dialami Zandrina Manafe yang juga menjadi salah satu perwakilan siswa SMA Katolik Giovanni Kupang untuk mata pelajaran Geografi.

“Kalau saya ditanya mengapa menyukai wisata Geografi karena saya sangat suka dengan peta-peta dan juga isu-isu yang punya kaitan dengan Geografi. Selama proses persiapan ada berbagai pengalaman suka maupun duka yang saya alami. Misalnya saja, suka dan dukanya itu adalah ketika belajar rasa malas dalam diri saya membuat saya kurang tertarik untuk belajar dan juga materi yang begitu luas sehingga sangat banyak yang perlu dipelajari namun karena sudah ada ketertarikan dengan mata pelajaran sehingga tidak perlu ada pemaksaan untuk bangkit dan mulai mempelajarinya,” jelas Zandrina.

Hari ini cukup deg-degan karena tahun ke-II mengikuti OSN sehingga berharap bisa lolos ke OSN-P. Pengalaman 2 kali mengikutinya, soal yang tadi bisa di kerjakan namun saya sedikit pesimis tapi yah yakin saja dengan diri sendiri dan apa yang sudah diusahakan,” jelasnya dengan percaya diri

Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota hari ke-II dilaksanakan kembali dari pukul 09.00-11.30 WITA, (25/05/2022). Bertempat di ruangan Laboratorium Komputer SMA Katolik Giovanni Kupang. Proses pelaksanaannya seperti hari kemarin namun dengan wajah-wajah peserta yang berbeda.

(MDTR/GD)

#ntt #nttbangkit #nttsejahtera #dinaspkntt #restorasipendidikan #smakgiovannikupang

 

Bagikan Ke:

Populer