081 339 324 130
smak_giovani@yahoo.com
Kupang, Nusa Tenggara Timur, INA. 85111
blog-img
01/04/2022

Kompetisi Honda DBL 2021, SMA Katolik Giovanni Kupang di Atas Angin

Libertino Agusto Diaz | Prestasi

Mediator.Givans.com. Perhelatan Honda DBL 2021 Nusa Tenggara Timur Series telah memasuki babak semifinal dan SMA Katolik Giovanni Kupang siap berlaga pada babak big four fantastic bersua dengan Madrasa Aliyah Negeri Kota Kupang, (30/03/2022). Pertandingan yang berlangsung di GOR FLOBAMORA Kota Kupang menyajikan laga yang sarat dengan gengsi. Kedua tim sama-sama menampilkan permainan yang ciamik, baik dalam menyerang maupun bertahan. Pelatih kepala Damaskus Apolos kembali menurunkan pemain kuncinya Chito, Jordan, dan Bertol untuk meredam agresivitas dari tim MAN Kota Kupang.

Tim Basket Putra MAN Kota Kupang turun dengan kekuatan penuh mengandalkan Zein, Andika dan Satria. Mereka mampu membokar pertahanan SMA K Giovanni yang dikomandoi oleh Jordan. Namun efektifitas mereka dalam menciptakan peluang dan poin masih jauh dari kata sempurna. Terlihat beberapa kali serangan yang dibangun dari belakang dan langsung menusuk kejantung pertahanan SMA K Giovanni berhasil memberi kejutan dan seketika membuat pendukung yang hadir menahan napas, namun bola tak kunjung masuk. Sorak-sorai kembali menggema saat Jordan dan Chito silih berganti mencatatkan namanya di papan skor. Pada akhirnya SMA K Giovanni mengamankan langkah berlaga di putaran final Honda DBL kategori putra kontra SMAN 3 Kota Kupang, (31/03/2022).

Team cheears juga cukup sukses dalam perhelatan Honda DBL tahun ini. Dalam kompetisi UBS Gold Dance Competition 2021, team cheers SMA K Giovanni berhasil tembus final dan menempati urutan kedua dalam penilaian video. Pertunjukan final akan dilaksanakan pada esok (31/03/2022) bersamaan dengan final Basket Honda DBL 2021.

SMA K Giovanni Kupang Go to Final Honda DBL 2021

Dalam wawancara singkat bersama manajer tim basket putra SMA K Giovanni, Fuji mengutarakan kebanggaan terhadap tim basket putra. Fuji juga mengakui timnya cukup kelelahan meladeni permainan cepat anak-anak MAN Kota Kupang. Secara keseluruhan ia puas akan perjuangan tim asuhannya. Namun dalam situasi demikian, ia kembali menegaskan timnya akan siap meladani permainan SMAN 3 Kota Kupang esok.

“Saya secara pribadi mengapresiasi keberhasilan anak didik saya hingga tembus ke final. Untuk menatap final esok, kami hanya mengarahkan anak-anak untuk tetap bermain seperti hari ini. Bermain cerdas  dan   menerapkan pressing tinggi terhadap lawan. Saya melihat anak-anak cukup kelelahan setelah pertandingan kemarin,” beber Fuji.

“SMAN 3 Kota Kupang adalah tim favorit juara dikarenakan skill pemainnya merata, tapi kami punya mental juara dan karena itu kami siap dan sangat yakin mengalahkan mereka di ajang DBL kali ini. Giovanni akan bisa mengalahkan mereka," lanjutnya dengan optimistis.

Terkait materi pemain dan strategi, Fuji menerangkan, “untuk  materi pemain, tim kami sudah merata dalam segala lini  dan saya tegaskan kami sudah siap untuk laga final. Untuk strategi khusus mugkin tidak ada, tapi kami dan pelatih kepala akan menginstruksikan para pemain untuk menampilkan permainan seperti biasa yaitu dengan menerapkan pressing ketat.”

Kapten tim sekaligus salah satu pemain yang sangat menonjol pada semifinal kemarin, Chito merasa terharu sekaligus bangga karena berhasil menandaskan perlawanan MAN Kota Kupang. Secara mental dan fisik, timnya sudah siap berlaga di final.

“Kemenangan kemarin bagi kami cukup mengharukan dan juga terbesit rasa bangga, pelatih pun bangga dengan kerja keras kami di lapangan. Perjuangan menuju final bukanlah satu hal yang mudah. Intinya kami semua sangat bangga dengan diri kami dan juga terhadap satu sama lain dalam tim,” jelas Chito.

Lanjutnya, “terkait pertandingan final hari ini kami sudah siap secara mental dan fisik. Terutama di final atmosfer pertandingannya pasti berbeda. Kuncinya adalah mental kami harus siap agar bisa bermain lepas dengan penuh percaya diri.”

Babak Final Honda DBL 2021 Nusa Tenggara Series

Sore ini, (31/03/2022) laga klasik bertabur bintang antara tim basket putra SMA K Giovanni Kupang dan tim basket putra SMAN 3 Kota Kupang akan berlangsung di GOR FLOBAMORA Kota Kupang. Sebelum laga “el clasico” tersaji, panitia mengumumkan moninasi MVP (Most Valuable Player Award) dan dua anak asuhan coach Apolos atas nama Chito dan Jordan berhasil masuk nominasi penghargaan MVP. Penghargaan pemain terbaik ini berhasil diraih oleh Jordan Jacob terkait kinerja baik selama turnamen dengan 24 point dan 23 rebound. Selain itu, team cheers  juga mendulang prestasi sebagai runner-up pada kompetisi UBS Gold Dance Competition 2021.

Sedangkan final basket putra yang mempertemukan SMA K Giovanni kontra SMAN 3 Kota Kupang berjalan ketat dalam memperebutan poin. Terlihat tim Basket SMA Giovanni berjuang menembus pertahanan tim lawan dan beberapa kali pula bola mampu di still dengan baik oleh tim lawan. Hingga akhir quarter babak keempat pun perlawanan tim putra SMA K Giovanni tidak mengendor. Pada akhirnya tim basket putra SMA K Giovanni Kupang harus mengakui permainan lawan yang lebih terorganisir yang pada momen ini memainkan beberapa pemain alumi yang dari segi teknik dan mental lebih matang. Hasil akhir final ini dimenangkan oleh SMAN 3 Kota Kupang.

Kepala Sekolah SMA K Giovanni Kupang, RD. Drs. Stefanus Mau, Pr yang turut hadir menyaksikan sengitnya laga sore itu mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. Beliau cukup menikmati drama pertandingan sore itu dan mengungkapkan profisiat dan apresiasi yang tinggi bagi tim bola basket, manajer, pelatih, dan official pertandingan terkait prestasi yang mereka capai dalam keikutsertaan di Honda DBL Nusa Tenggara Timur 2021.

“Anak-anak kita sangat luar biasa sehingga mampu tembus sampai di final. Mereka mampu mngimbangi tim lain yang notabene mengikut sertakan pemain yang sudah masuk dalam kategori mahasiswa.Terlihat bagaimana mereka mampu mengimbangi permainan lawan," jelas Romo Stef.

"Terima kasih untuk perjuangan kalian semua memperoleh juara II. Sebagai Kepala Sekolah saya salut dan memberikan apresiasi yang tinggi untuk perjuangan kalian. Sekali lagi terima kasih, mereka semua hebat baik itu tim GBT putra-putri dan tim GDT,” ungkap Romo Stef.

 

(MDTR/GD)

Bagikan Ke:

Populer