blog-img
11/04/2023

DEVELOPMENTAL BASKETBALL LEAGUE (DBL) 2022, SMA KATOLIK GIOVANNI KUPANG UKIR BANYAK PRESTASI

Libertino Agusto Dias | Prestasi

GivansWebsite. Honda Developmental Basketball League (DBL) menggandeng KFC 2022-2023 East Nusa Tenggara Series menyelenggarakan perhelatan turnamen basket terbesar se-Indonesia. Setiap sekolah yang berpartisipasi akan mengirimkan Tim Basket Putra dan Putri, bersama Tim Cheersnya. SMA Katolik Giovanni sebagai salah satu peserta yang turut ambil bagian setiap tahun, mengirimkan tim atlet yang terdiri dari Tim Basket Putra-Putri serta Tim Cheers. Honda Developmental Basketball League (DBL) with KFC 2022-2023 berlangsung dari tanggal 6 sampai 10 Maret 2023, dan GOR Flobamora Kupang akan menjadi saksi bisu semaraknya event bergengsi tahunan ini.

Tim Basket Putra SMA Katolik Giovanni berhasil memperoleh juara II setelah perlawan mereka ditandaskan tim kuat SMA N 3 Kota Kupang di partai final. Nasib berbeda dialami Tim Basket Putri SMA Katolik Giovanni yang langkahnya terhenti di semifinal oleh perlawanan ciamik dari anak-anak SMA N 1 Kota Kupang. Selain itu, Tim Cheers tidak kalah mentereng dalam mengukir prestasi yaitu bisa tampil mempesona dan mampu menghipnotis seisi stadion GOR Flobamora Kota Kupang dengan dance memukau. Tim Cheers SMA Katolik Giovanni Kupang berhasil menempati urutan kedua, Best Three serta Best Costume UBS Gold Dance Competition 2022-2023 seri Kupang.

RD. Drs. Stefanus Mau, yang menyempatkan diri menyaksikan laga final malam itu, mengungkapkan proficiat dan limpah terima kasih atas semangat juang mereka sepanjang turnamen ini, baik itu Tim Basket Putra-Putri, Tim Cheers, para pelatih dan pendamping yang telah bekerja semaksimal mungkin hingga menorehkan prestasi tersebut.

Momen keseruan lain datang dari supporter Givans yang dengan segala kreatifitasnya menciptakan setiap laga layaknya laga final. Pada akhirnya Supporter Givans dinobatkan menjadi salah satu supporter terbaik selama pergelaran Honda Developmental Basketball League (DBL) menggandeng KFC 2022-2023 East Nusa Tenggara Series.

Tim Basket Putra Giovanni, secara keseluruhan mampu tampil dominan sepanjang laga. Pada laga pembuka tim ini harus menghadapi agresivitas dari Tim Basket SMA N 5 Kota Kupang. Berkat kedisiplinan dan kerja sama yang intens, anak asuhan Hetglen Palabuan mampu meredam segala serangan yang dibangun anak-anak SMA N 5 Kota Kupang hingga memastikan kemenangan dengan poin 23-17. 


Laga berat menanti Tim Basket Putra SMA Katolik Giovanni pada match day II melawan Tim Basket Putra SMA N 4 Kota Kupang. Pada laga ini, SMA Katolik Giovanni sempat dibuat kewalahan dengan permainan defensif ala Tim Basket Putra SMA N 4 Kota Kupang. Hingga akhir  kuarter kedua, Tim Basket Putra SMA Katolik Giovanni dibuat kewalahan menembus kokohnya pertanahan dan membuahkan keunggulan 7-8 bagi SMA N 4 Kota Kupang.


Tidak ingin kehilangan muka di depan jutaan pendukung SMA Katolik Giovanni Kota Kupang, sang allenatore (pelatih.red), Hetglen Palabuan, merotasi beberapa pemainnya dengan tetap mengandalkan Jordan Jacob sebagai juru gedor dalam mendulang poin. Terbukti, perjudian yang dilakukan sang pelatih berhasil membalikkan keadaan. Jordan Marcellino Junior Jacob, mampu tampil trengginas dengan catatkan double-double dengan torehan 18 rebound dan 17 poin. Hingga akhir kuarter keempat, ia berhasil membawa timnya merasakan atmosfer final Honda Developmental Basketball League (DBL) menggandeng KFC 2022-2023 East Nusa Tenggara Series dengan skor 41-28. 
Pergelaran Final sebagaimana pantau tim GivansWebsite saat itu, (10/03/2023), jumlah tiket habis terjual. Suasana GOR Flobamora Kupang terlihat riuh dan ramai oleh kedua supporter yang akan berlaga di partai final. Selain laga final Honda Developmental Basketball League (DBL) menggandeng KFC 2022-2023 East Nusa Tenggara Series, kesempatan itu juga dilakukan pengumuman peraih Best Three UBS Gold Dance Competition 2022-2023 seri Kupang. 


Tiga terbaik ini kembali menunjukkan aksinya di jeda laga final putri untuk dilakukan sesi penjurian secara langsung. Adapun beberapa kriteria yang diperhatikan, diantaranya dari segi kreativitas, kostum, stamina, dan koreografi. Setelah melewati penilaian dari dewan juri, DBL Kupang resmi mengumumkan tiga tim dance terbaik yang berhak menyabet predikat Best Three serta Best Costume UBS Gold Dance Competition 2022-2023 seri Kupang. Tim Cheers SMA Katolik Giovanni Kupang berhasil memperoleh peringkat kedua.


Sam Soi selaku manajer Tim Basket Putra dan Putri SMA Katolik Giovanni mengungkapkan proficiat kepada anak asuhannya yang berhasil masuk ke final dan memperoleh Juara II. Disamping itu ia juga mengakui ada beberapa kelemahan yang akan menjadi bahan evaluasi untuk membentuk tim yang lebih kompetitif menatap event Honda Developmental Basketball League (DBL) mendatang. 


“Bagi saya secara pribadi memperoleh juara dalam ajang Honda Developmental Basketball League (DBL) adalah konsekuensi dari kebersamaan kami selama setahun dalam proses latihan. Namun hasil yang kami peroleh belum menempatkan kami sebagai yang terbaik. Masih harus ada pembenahan dalam aspek-aspek tertentu seperti kedisiplinan dalam latihan, tahanan fisik dan pengorbanan diri untuk lebih fokus pada program latihan, dan kesadaran diri untuk meningkatkan porsi latihan dan jam terbang di luar kebersamaan kami,” ungkap Sam.


Untuk Tim Cheers SMA Katolik Giovanni Kupang, prestasi ini sudah berulang kali bagi SMA Katolik Giovanni selama berpartisipasi dalam event tersebut, sebagaimana yang diungkapkan oleh Hanny selaku pendamping eksul Cheers SMA Katolik Giovanni Kupang.


“Bagi saya ini prestasi yang baik dan cukup membanggakan bagi saya dan anak-anak cheers. Dalam sejarah keikutsertaan kami dalam pergelaran Honda Developmental Basketball League (DBL), kami sudah beberapa kali  finis di tiga besar dan keluar sebagai runner up. Ini adalah kerja keras dari anak-anak kita dan tugas kami hanya memberikan dukungan,” ujar Hanny.

(GiW/GD)
#ntt #nttbangkit #nttsejahtera #dinaspkntt #restorasipendidikan #smakgiovannikupang
#yaswarikak

Bagikan Ke:

Populer